selamat datang di blog kami.... semoga bermanfaat.

Rabu, 06 April 2011

kuat menghadapi masalah


Tips Kuat Menghadapi Masalah

       Dalam menghadapi masalah kita sering sekali tidak bisa berfikir dengan jernih sehingga kita menjadi stress. Stress adalah penyakit fikiran dan hati. Maka ketika menghadapi masalah, kita harus meluruskan fikiran dan luaskan hati. Ada 5 hal yang harus kita ingat ketika kita menghadapi masalah:

1. Ingatlah bahwa Allah tidak memberikan ujian di luar batas kemampuan hambanya. Tidak mungkin Allah dzolim pada hambanya. Maka jika masalah datang, sadarilah bahwa pasti kita sanggup menghadapinya.

2. Ujian itu sebagai proses peningkatan kualitas diri. Jika kita terbiasa mampu menghadapi masalah. Maka masalah tersebut akan semakin mudah. Semakin banyak masalah yang mampu kita hadapi, semakin meningkat pula kualitas diri kita.

3. Instrospeksi diri. Masalah yang kita hadapi bisa menjadi alat untuk pendeteksi kesalahan yang mungkin tidak kita sadari. Maka dari itu dengan datangnya masalah, kita bisa mengetahui kesalahan-kesalahan kita dan memperbaikinya agar kesalahan itu tidak terulang.

4. Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. “inna ma’al ‘usri yusro”  Allah telah menjanjikan kemudahan dan jalan keluar terhadap masalah yang kita hadapi. Maka jika kita yakin akan janji Allah, kita pasti akan mendapatkan solusi untuk permasalahan yang sedang kita hadapi.

5. Asah gergaji. Ingatlah bahwa dengan masalah yang kita hadapi, maka kita punya kesempatan untuk mengasah kemampuan kita agar menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar